Sunday 8 July 2018

Blogger Kepri Menggelar Workshop Smartphone Videography

Minggu, 8 Juli 2018, Blogger Kepri sukses menyelenggarakan Workshop Smartphone Videography yang digelar dalam rangka Hari Ulang Tahun Blogger Kepri yang ke-3. Workshop bertempat di Ruang Kreasi Batam Center  dengan pembicara Teguh Sudarisman, seorang Trainer Smartphone Videography dan juga penulis buku Travel Writer Diaries 1.0 dari Jakarta yang telah puluhan kali menggelar workshop serupa di berbagai daerah di Indonesia.

Ir. Teguh Sudarisman dan peserta workshop Videography



Demi keefektifan belajar, pada workshop kali ini peserta dibatasi sebanyak 25 orang saja. 16 orang dari Anggota Blogger Kepri dan 9 orang peserta umum. Para peserta ini tentu mereka yang mempunyai minat terhadap dunia videography dan rata-rata yang telah aktif membuat konten video baik di youtube maupun instagram.


Acara workshop dimulai pada pukul 08:45 dan berakhir pada pukul 14.00 WIB. Diselingi coffee break pada jam 10:00 WIB dan ishoma pada jam 12:00 - 13:00 WIB.


Para peserta tampak senang dan antusias mengikuti jalannya workshop, terlebih banyak informasi dan ilmu-ilmu videography yang baru diketahui saat itu oleh mereka. Baik tentang peralatan yang digunakan, aplikasi-aplikasi apa yang seharusnya di-install untuk mendukung pembuatan video, dan cara mengolah video dari video mentah menjadi sebuah rangkaian video yang bercerita.


Dalam materi yang disampaikan pembicara, ia menerangkan bahwa ada sekitar 143 juta pengguna internet di Indonesia. Mereka melakukan aktivitas utama seperti chatting, bermain medsos, nonton video, dan mendengarkan musik dengan rata-rata waktu yang digunakan sebanyak 4 jam. Ada 5 aplikasi utama yang digunakan dalam aktivitas ini yaitu WhatsApp, Youtube, Instagram, Line, dan Facebook.


Dan semakin hari, pengguna internet di Indonesia polanya makin bergeser dengan menyukai menonton video. Oleh sebab itu, pasar bagi para konten kreator video sangat besar pada tahun-tahun mendatang.


Diprediksi trafik dalam bentuk video tahun 2018 adalah sebanyak 69% dan tahun 2019 sebanyak 80% dari jumlah pengguna internet. Maka bagi siapa pun yang mempunyai konten video bagus dan dapat memanfaatkan kesempatan yang terbuka lebar tersebut maka tentu saja akan semakin bagus trafiknya.


Syukur Alhamdulillah acara berjalan lancar dari awal hingga akhir. Terima kasih kepada Ruang Kreasi Batam atas kerja samanya. Terima kasih juga atas bingkisan souvenir yang tidak disangka-sangka dari 3 Leaves Farm Batam.


Bagi teman-teman yang ingin bekerja namun belum punya kantor, sementara pekerjaan yang harus diselesaikan membutuhkan tempat yang nyaman, jangan bingung-bingung, datang saja ke Ruang Kreasi di Kompleks Nusantara Golden Blok B No 10 Batam Center. Bangunan Ruang Kreasi berada di ruko di belakang Restoran Ikan Bakar Cianjur atau di belakang Toko Kue Cake Pisang Villa. 


Di sini, Kamu bisa bekerja dengan tenang tanpa gangguan siapa pun dengan fasilitas wifi kencang, ruangan ber-AC, colokan listrik, colokan USB, meja, kursi, dan fasilitas lainnya yang mendukung kenyamanan bekerja teman-teman semua.


Akhir kata, selamat berkarya & selamat berkreatif dengan video kepada teman-teman Blogger Kepri semua.

2 comments:

wenceu said...

Selamat Hari Jadi, Blogger Kepri. Semoga semakin teduh menaungi kami.

Asik nih kalau materinya bisa di-share juga di mari. hihihi...

Usman said...

Sangat bermanfaat, metode penyampaiannya mudah dimengerti dan kita menjadi tahu bagaimana cara membuat dan kmudian menjual konten tersebut.